Pemerintah akhirnya menaikkan harga bahan bakar minyak tanah (BBM) terhitung mulai Sabtu (24/5) pukul 00.00 WIB. Kenaikan itu diambil pemerintah dengan mempertimbangkan kenaikan harga minyak mentah dunia belakangan ini.

Dalam pengumuman yang dibacakan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro, pemerintah Peraturan Menteri ESDM Nomor 16 tahun 2008 menetapkan harga minyak tanah sebesar Rp 2.500 per liter. Adapun bensin premium naik menjadi Rp6.000 per liter dan minyak solar sebesar Rp 5.500 per liter. Harga baru ini berlaku untuk konsumsi rumah tangga, usaha kecil, transportasi, dan pelayanan umum.

"Harga jual eceran minyak tanah atau kerosin untuk rumah tangga dan usaha kecil di titik serah, termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN), untuk setiap liter ditetapkan Rp2.500," kata Purnomo.

"Harga jual eceran bensin premium dan minyak untuk usaha kecil, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum termasuk PPN ditetapkan sebagai berikut: bensiun premium sebesar Rp6.000 per liter dan minyak solar Rp5.500," tambahnya.

Ketentuan ini diambil berdasarkan pertimbangan pemerintah yang harus memberikan subsidi BBM dalam APBN Perubahan tahun 2008 sebesar Rp135,1 triliun. Pemerintah selanjutnya akan mengatur dana Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat sebagai langkah untuk mengantisipasi gejolak yang ditimbulkan oleh kenaikan harga tersebut.

Dari: www.kompas.com
Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

2 comments:

  1. wah...mau ga mau pke motor harus irit :(
    wajar nasib anak kos..... mending buat beli nasi :P

    ReplyDelete
  2. Emang harus gimana lagi, mungkin itu langkah terbaik yang diambil pemerintah setelah melakukan banyak pertimbangan...hehe
    Happy blogging with blogachmad.blogspot.com

    ReplyDelete