Tinggal dua pekan lagi untuk menghadapi Ujian Akhir Semester Ganjil, tugas pun masih menumpuk dan menanti untuk saya kerjakan. Untungnya sekolah sudah mulai libur hingga tanggal 12 nanti, jadi bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Disela kesibukan kuliah, saya menyempatkan diri untuk mengupdate blog ini dan sedikit berbagi informasi kepada pengunjung blog ini. Karena berbagi itu indah (mengutip dari blog nya Kang Rohman):)

Kamarin ketika mengajari teman saya membuat blog, dan sampai pada permasalahan ini. Yakni bagaimana menempatkan kotak komentar agar tepat dibawah postingan dan bergaya wordpress. Kemarin-kemarin memang Blogger belum menyediakan fasilitas kotak komentar bergaya wordpress ini, karena banyaknya komplein dari para pengguna blogger mengenai rumitnya memberikan sebuah komentar pada blogspot. Dan alhasil team dari Blogger.com pun langsung memperbaiki kerumitan ini, yakni dengan langsung menyedikan fasilitas kotak komentar bergaya wordpress ini atau (Embbed Comment Form) untuk kita nikmati sebagai pengguna blogspot.

Coba perhatikan tampilan gambar dibawah ini


Langkah-langkah untuk membuat form komentar persis seperti diatas adalah :
1. Untuk langkah awal, silahkan login dulu di www.blogger.com tentu saja dengan menggunakan username dan password kita masing-masing.

2. Berhasil masuk kah? Setelah itu langsung tuju pada kolom Pengaturan.

3. Berikutnya pilih tab Komentar, dan langsung arahkan pandangan kita pada Penempatan Formulir Komentar. Lau beri tanda pada Disemat dibawah entri Tepat gambarnya dibawah ini :



4. Terakhir klik Simpan Pengaturan.

Coba langsung tengok hasilnya pada blog kita. Kalau memang berhasil berarti kita tidak perlu mengikuti langkah-langkah berikutnya. Saya ucapkan selamat jika blog anda sudah berhasil membuat sampai tahap ini.
Namun bagi rekan blogger yang mengalami kesulitan atau belum berhasil, coba ikuti langkah berikutnya dibawah ini :

1. Masuk pada halaman Edit HTML kemudian beri centang pada bagian Expand Widget Template gunyanya agar kode HTML itu ditampilkan semua. Anda bingung kenapa mesti lewat halaman ini? Tenang saja langkahnya tidak terlalu rumit, hanya ada beberapa kode saja yang mesti kita ganti. Jangan menyerah!
2. Coba cari kode persis seperti ini <p class='comment-footer'>, kode tersebut ada dua jadi coba arahkan perhatian kita pada kode dibawah ini

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/>
</a> </b:if>
</p>


Untuk memudahkan kita dalam melakukan pencarian kode diatas, saya sarankan agar anda menggunakan fasilitas pencarian dari browser yang sedang anda gunakan. Misalnya kita memakai Mozilla, coba tekan Ctrl diikuti dengan menekan huruf F.

3. Jika anda sudah menemukan perssis seperti kode diatas, maka coba langsung ganti kode itu dengan kode yang ada dibawah ini
Copy lalu Paste kode ini :

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if>
</p>


4. Langkah terakhir tinggal Simpan Template anda.

Selesai sudah langkah demi langkah anda lewati, semoga bisa diikuti dan Sukses bagi anda

Keep Blogging
Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

0 comments: