Meskipun dipasang peringatan dilarang merokok di RSUD Cianjur, para pengunjung tetap saja merokok. Fatwa haram rokok juga dikeluarkan oleh MUI, tetapi susah dilaksanakan

Meskipun dipasang peringatan dilarang merokok di RSUD Cianjur, para penunggu tetap saja merokok. Fatwa haram rokok juga dikeluarkan oleh MUI, tetapi susah dilaksanakan .

FATWA Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan merokok belum sepenuhnya dilaksanakan. Buktinya sebagian masyarakat di Cianjur masih saja merokok ditempat umum. Bahkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur masih saja ada yang merokok. Padahal, dikawasan itu dipasang peringatan dilarang merokok.

"Fatwa MUI yang mengharamkan merokok di tempat umum susah untuk dilaksanakan. Saya pribadi sudah belasan tahun merokok, sehingga ketagihan. Kalau tidak merokok, terasa ada yang kurang," kata Heri Mulyana (34), penunggu pasian di RSUD Cianjur, kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Heri menyebutkan, dirinya mengetahui kesepakatan para ulama yang melarang merokok bagi anak-anak, remaja, ibu hamil, dan merokok di tempat umum merupakan haram. Namun hal itu, jelasnya, terkesan imbauan tak ada penegasan. "Hal itu sehingga fatwa MUI seperti tidak memiliki landasan yang kuat, sehingga kurang direspon umat Islam yang menjadi pecandu rokok," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, HME Mustafa mengaku, pelarangan tak merokok susah dilaksanakan, meskipun ada fatwanya. Dia mencontohkan, bukan hanya masyarakat Cianjur saja yang tak bisa merokok di tempat umum. Tetapi juga para pengurus MUI di tingkat kecamatan, dan desa, juga mengalami hal yang sama.

"Para pengurus MUI, yang suka merokok juga mengalami hal yang sama. Sedangkan untuk mencegahnya, para pengurus MUI yang sering merokok, dihimbau alangkah baiknya merokok di rumah saja," tuturnya.

Dia menambahkan, hal itu dilakukan untuk memberikan contoh kepada pencandu rokok lain. Selanjutnya, sedikit demi sedikit mereka akan berhenti merokok. "Diharapkan fatwa tersebut dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat Cianjur, khususnya pecandu rokok,"imbuhnya.


Sumber : Cianjurkab.go.id
Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

2 comments:

  1. emmm .... kalo masalah ini seh angka ikut aja

    ReplyDelete
  2. Saya rasa butuh waktu cukup yang lama untuk menghentikan kebiasaan merokok masyarakat.

    ReplyDelete