Saya tertarik untuk membuat sebuah coretan sedikit mengenai Fenomena 2012 yang saat ini ramai diperbincangkan. Bahkan sahabat saya Irfan L.Sar. turut pula menorehkan dalam catatannya yang terpasang di facebook, "Kiamat Memang (Tidak) Akan Terjadi Pada 21 Desember 2012". Satu pesan khusus yang sengaja disampaikan melalui catatan tersebut, yakni kiamat memang tidak akan terjadi di tahun 2012.

Kepercayaan terhadap Fenomena 21 Desember 2012 yang akan terjadi, yakni percaya terhadap kejadian alam yang sangat dahsyat serta kepercayaan akan berakhirnya peradaban manusia. Sebuah pilihan yang diperhitungkan memang sangat sulit diantara keduanya. Fenomena 2012 adalah serangkaian kepercayaan dan rencana yang menyebutkan bahwa peristiwa bencana atau transformatif akan terjadi di tahun 2012. Perkiraan ini didasarkan pada apa yang diklaim sebagai tanggal akhir dari kalender Hitungan Panjang Maya, yang merentang selama 5.125 tahun dan berakhir pada 21 atau 23 Desember 2012. Pendapat yang mendukung penanggalan ini berasal dari arkeoastronomi amatir, penerjemahan alternatif mitologi, konstruksi numerologi, dan ramalan dari makhluk ekstraterestrial.

Fakta Ilmiah di Tahun 2012
Fenomena alam yang akan terjadi pada 21 Desember 2012 memang terbilang sangat dahsyat, seperti yang dicatat oleh sahabat saya berdasarkan apa yang ditulis oleh Lawrence E. Joseph. Fenomena alam yang mungkin akan terjadi pada tahun itu adalah Solar Maksimum. Pada tahun 2012, matahari akan memasuki fase solar maksimum, dimana aktivitas badai di sana akan mencapai titik paling tinggi. Seperti kita tahu, aktivitas badai di matahari mempengaruhi badai yang terjadi di Bumi. Jika pada tahun 2005, di saat badai di matahari kecil, badai yang diakibatkannya di Bumi demikian besar (terutama badai Katrina, Rita, di Amerika), maka, apa jadinya badai di Bumi saat matahari sedang mengamuk? Yellowstone memanas. Ini disadari betul oleh para ilmuwan dan dirahasiakan dengan baik oleh pemerintah AS karena khawatir masyarakatnya akan menjadi paranoid. Jika Yellowstone meledak, kekuatannya diperkiarakan akan setara dengan ledakan Danau Toba sekitar 65 juta tahun yang lalu, yang menewaskan 3/4 populasi dunia. 75% populasi dunia akan musnah!

Sengaja saya kutip hanya dua saja, sebetulnya fakta ilmiah yang akan terjadi masih ada lagi. Terbayang jika seandainya satu saja dari beberapa poin ini memang terjadi di tahun 2012, atau mungkin di tahun ini. Wallohu'alam..

Sebuah film berjudul 2012, disutradarai Roland Emmerich dan menampilkan aktor John Cusack, Danny Glover, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Thandie Newton, Oliver Platt dan Woody Harrelson dijadwalkan dirilis tanggal 13 November 2009. Tanggal 12 November 2008, stuido ini merilis trailer teaser pertama untuk 2012 yang memperlihatkan tsunami menerpa Himalaya dan memunculkan pesan ilmiah yang menyatakan bahwa dunia akan berakhir pada 2012, dan bahwa pemerintah dunia tidak mempersiapkan penduduknya untuk peristiwa ini. Trailer berakhir dengan pesan pada pembaca untuk "find out the truth" (cari kebenaran) dengan mencari "2012" menggunakan mesin pencari. The Guardian mengkritik keefektifan pemasaran sebagai "cacat dalam" dan menghubungkannya dengan "situs web yang tidak lagi membuat klaim tentang 2012".

Studio ini juga meluncurkan situs web pemasaran viral yang dioperasikan oleh Institute for Human Continuity yang dibuat-buat, di mana pemburu film bisa mendaftar untuk nomor undian untuk menjadi bagian dari penduduk yang akan diselamatkan dari kehancuran global. David Morrison dari NASA telah menerima lebih dari 1000 pertanyaan dari orang-orang yang mengira situs web tersebut asli dan mengutuknya dan berkata "Aku juga punya kasus remaja menulis padaku dan mengakatan mereka hendak bunuh diri karena mereka tidak ingin melihat dunia berakhir. Kupikir ketika kau berbohong di Internet dan menakut-nakuti anak-anak untuk menghasilkan uang, secara etis itu salah."

Yang dikhawatirkan dari isu fenomena ini, yakni munculnya beberapa reaksi ketakutan dari masyarakat kita. Atau bahkan beberapa diantara kita biasa-biasa saja menanggapi isu mengenai Fenomena 2012. Sebagian lagi menanggapi sebagai sesuatu yang positif. Yang pasti, kita tidak akan tahu takdir Alloh akan seperti apa? kejadian yang akan dijajaki manusia kedepan hanya Alloh yang yang tahu, manusia hanya mampu berencana.
Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

4 comments:

  1. Saya percaya ada hari kiamat Mas. Tapi ga percaya kalau 2012. Hanya Allah yang mengetahuinya.

    ReplyDelete
  2. Saya Jadi Khawatir Mas . Kalau Saya Takut Kiamat Sudah Dekat , Apa Ini NYATA ?

    ReplyDelete
  3. Jagan terlalu percaya semua isu yg terlihat internet......Kalau memang TUHAN berkehendak hari ini pun akan KIAMAT......WALLAHUALAM.

    ReplyDelete