Tahun 2009 hendak berlalu. Suasana hingar bingar perayaan pergantian tahun biasanya ditandai dengan tiupan terompet, gemerlapnya kembang api, gelegar petasan, bunyi klakson menyeruak dimana-mana. Namun yang terpenting dari hanya sekedar pesta hangar bingar seperti itu adalah pemaknaan hidup dari tahun sebelumnya serta perencanaan perjalanan hidup yang hendak dilalui kedepan.

Bagi saya, meriahnya pesta pergantian tahun dimaknai sebagai sebuah penandaan untuk merencanakan sebuah perubahan dalam hidup. Banyak orang mengatakan, pada pergantian tahun, ramai-ramai mereka membuat sebuah Resolusi hidup atau kebulatan tekad untuk menjalani hidup ditahun yang hendak mereka jalani. Semangat untuk menjalani hidup kedepan dalam beberapa perncanaan yang telah disusun dalam sebuah catatan. Namun, yang jadi masalah disini adalah, sering kali niat resolusi kita hanya kuat di awalnya saja, jadinya target resolusi yang telah kita susun tak ubahnya seperti sekedar menulis ‘ikrar’ semata dalam sebuah catatan.

Agar kita tidak terjebak pada niatan semata, coba perhatikan beberapa tips singkat di bawah ini dalam menyusun sebuah resolusi tahun baru. Tips ini dipopulerkan oleh Profesor Richard Wiseman dari Universitas Hertfordshire, Inggris.

1) Buatlah hanya satu resolusi; peluang sukses Anda lebih besar ketika Anda menyalurkan energi untuk mengubah hanya salah satu aspek dari perilaku Anda.

2) Jangan menunggu hingga malam Tahun Baru untuk memikirkan resolusi Anda. Luangkan waktu beberapa hari sebelumnya untuk merefleksikan apa yang sesungguhnya ingin Anda raih.

3) Singkirkan resolusi sebelumnya; memutuskan untuk menengok ke belakang dan melihat resolusi terdahulu hanya akan membuat Anda frustrasi dan kecewa.

4) Jangan ikut arus dan membuat resolusi yang biasa-biasa saja. Pikirkan tentang apa yang sesungguhnya Anda inginkan dalam hidup.

5) Pecahkan tujuan utama Anda dalam serangkaian langkah pencapaian, fokus pada penciptaan langkah-langkah tujuan yang konkret, terukur, dan terjadwal.

6) Sampaikan ke teman-teman dan keluarga tentang tujuan Anda, itu akan meningkatkan rasa takut akan gagal dan menarik dukungan.

7) Secara reguler ingatkan diri akan keuntungan yang dapat diraih dari pencapaian tujuan-tujuan Anda dengan membuat daftar tentang bagaimana kehidupan akan lebih baik begitu tujuan besar Anda tercapai.

8) Berikan diri Anda hadiah kecil kapan pun Anda meraih tujuan-tujuan turunan Anda. Itu akan motivasi dan membuat Anda terus berupaya untuk maju.

9) Buatlah rencana dan kemajuan Anda menjadi konkret dengan menyimpan jurnal yang ditulis tangan, dan melengkapi kertas kerja di komputer, atau menutup papan pengingat dengan grafik maupun gambar.

10) Terimalah bahwa sewaktu-waktu kebiasaan lama akan muncul. Sikapi setiap kegagalan sebagai kemunduran sementara ketimbang menjadi alasan untuk menyerah dan pasrah.

Semoga 10 tips singkat diatas mampu menuntun kita dalam menyusun resolusi tahun baru agar tidak menjadi niatan semata. Yang terpenting dari semua resolusi yang telah kita susun adalah kemauan yang keras untuk mencapainya, serta mulailah semua itu dari hal yang kecil, seperti yang diungkapkan oleh Jules Verne ‘Suatu perjalanan mengelilingi dunia dimulai dari satu langkah kecil’. Juga realistis terhadap keadaan akan membantu pada pencapaian resolusi tahun baru kita.
Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

1 comments: