$show=home

Pengertian Content Management System (CMS)

SHARE:

CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa berbasis web atau pun aplikasi desktop biasa. Saat ini CMS yang paling banyak adalah CMS yang berbasis web

Jika Anda seorang webmaster yang mengelola sebuah situs maka sudah mengenal apa yang dinamakan dengan CMS. Bagaimana dengan Anda yang lain? CMS merupakan singkatan dari Content Management System, suatu software yang berguna untuk memanipulasi content atau isi dari suatu situs web.

Maksud dari memanipulasi di sini adalah bisa menambah, mengedit, atau menghapus isi dari suatu situs. Dengan CMS, semua itu bisa dilakukan tanpa pengguna harus belajar HTML atau bahasa pemrograman web.

Karena CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa berbasis web atau pun aplikasi desktop biasa. Saat ini CMS yang paling banyak adalah CMS yang berbasis web. Apa kelebihan dari CMS berbasis web? Kelebihannya adalah Anda bisa melakukan update (perubahan) isi situs dari mana saja selama Anda terhubung ke internet dan tool atau alat yang digunakan hanyalah web browser. Selain itu dengan CMS maka Anda bisa melakukan update atau perubahan isi situs tanpa harus mengutak-atik layout atau struktur dari situs Anda.

CMS berbasis web bisa dibuat dengan berbagai macam bahasa pemrograman scripting untuk web seperti misalnya ASP, PHP, JSP, atau Java. Pada dasarnya Anda bisa membuat sendiri CMS untuk situs Anda atau Anda juga bisa memanfaatkan modul-modul atau aplikasi CMS yang sudah ada di internet. Jika Anda ingin membuat sendiri CMS Anda maka syaratnya adalah situs Anda harus sudah memiliki struktur layout yang fix (tetap). Inti dari CMS adalah melakukan perubahan atau penambahan isi situs pada bagian-bagian yang sifatnya bisa berubah, misalnya halaman berita terbaru, halaman produk atau jasa, halaman foto, dan lain sebagainya. Data dari CMS tersebut disimpan dalam suatu database dan dicari atau ditampilkan dengan cepat.

Jika Anda tidak ingin membuat CMS sendiri maka tidak perlu risau, saat ini di internet sudah banyak yang menawarkan aplikasi CMS yang siap pakai dan bisa Anda atur (configure) sesuai dengan kemauan dan kemampuan Anda. CMS yang ditawarkan ini pun banyak yang sifatnya Open Source sehingga Anda bisa dengan bebas menggunakannya di situs Anda bahkan Anda juga bebas untuk memodifikasi CMS tersebut sesuai dengan kemampuan Anda. Salah satu contoh situs yang merupakan etalase dari banyak CMS yang ada di pasaran adalah situs opensourceCMS.com. Situs yang beralamat di www.opensourcecms.com ini merupakan situs dimana Anda bisa mencoba berbagai macam software CMS berbasis web secara gratis. Ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memilih CMS yang tepat untuk situs Anda.

Fitur-fitur yang terdapat dalam CMS juga sangat bervariasi, mulai dari manajemen layout situs (yang berfungsi untuk mengubah layout situs Anda), fitur pencarian, editing berita, editing foto, editing produk dan lain sebagainya. Suatu CMS berbasis web dilengkapi dengan mekanisme autentikasi untuk bisa melakukan perubahan atau update isi situs. Ini artinya Anda harus memasukkan username dan password sebelum bisa masuk ke dalam sistem CMS situs Anda. Dengan adanya mekanisme ini maka Anda bisa membagi hak akses kepada beberapa orang di mana orang-orang tersebut bisa meng-update isi situs pada bagian yang berbeda-beda. Misalnya saja si A hanya bisa menambah dan meng-update berita situs, kemudian si B hanya bisa menambah dan meng-update halaman foto gallery saja.

Situs-situs apa saja sih yang sebaiknya menggunakan CMS? Banyak sekali, bahkan semua situs sebenarnya bisa menggunakan CMS. Tapi sekali lagi kita harus melihat kebutuhan dari situs tersebut. Sebagai contoh, CMS banyak digunakan pada situs-situs yang padat isi (content) seperti situs-situs berita (www.detik.com, www.kompas.com etc etc). Selain itu CMS juga banyak digunakan pada situs-situs penyedia jasa e-commerce (misalnya www.balipromoted.com, www.topbalisilver.com etc). Jika Anda sering meng-update blog Anda maka itu juga merupakan contoh dari CMS.

Dengan CMS proses penambahan atau perubahan isi situs Anda akan jauh lebih mudah dilakukan tanpa harus mengetahui detail HTML atau yang lain. Anda pun bisa melakukannya dari mana saja, dari rumah atau pun dari tempat kerja.

KOMENTAR

Name

Adsense,1,Affiliates,2,Android,6,Aplikasi,8,Apple,2,Artikel,14,Award,1,Bahasa,3,BBM,1,Beasiswa,1,Bisnis,1,Bisnis Internet,8,Blog Contest,2,Blogger,15,Cianjur Festival,2,CMS,4,Coretan Pribadi,18,CSS,5,Download,9,Dunia Pendidikan,10,E-book,1,Edukasi,7,Festival Nasyid,1,Forex,1,Gebyar FKIP,1,GEG,2,Google,4,Grab,3,Happy New Year 2010,1,Hari HIV Aids,1,Humor,1,HUT RI,1,Idul Adha,1,Idul Fitri,2,Info Cianjur,2,Informasi,33,Internet,9,Iseng,5,Jibas,1,Kabar Cianjur,3,Karya Tulis,1,Kesehatan,9,Ketika Cinta Bertasbih,1,KMII 2009,1,Komputer,1,Kontak Saya,1,Lintas Berita,20,Lintas Jabar,8,Lomba,1,Mahasiswa,17,Merdeka,1,Motivasi,1,Muri FOSS,1,Novel,1,NUPTK,2,ospek,1,Pelajar,2,Pendaftaran SMK Islamiyah,1,Ramadhan,2,Resensi Buku,3,Reuni,1,Reuni Smansa,1,Sejarah Cianjur,3,Sekolah,1,Seminar,1,Seminar 2009,2,Seputar Cianjur,24,Seputar Kampus,4,Seputar Nasyid,3,Sinopsis,2,Sistem Informasi,2,Tafakur,8,Tag,1,teknologi,3,Tips n Trik,16,Tips Sehat,2,Tutorial Blog,11,Website,3,Widget,2,Windows,3,Wisata bahasa,1,
ltr
item
Website Asep Nurdin: Pengertian Content Management System (CMS)
Pengertian Content Management System (CMS)
CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa berbasis web atau pun aplikasi desktop biasa. Saat ini CMS yang paling banyak adalah CMS yang berbasis web
http://3.bp.blogspot.com/-owTyT3VZCYE/U9pFqbBM_kI/AAAAAAAABls/-VI0L7AmMNc/s1600/CMS.png
http://3.bp.blogspot.com/-owTyT3VZCYE/U9pFqbBM_kI/AAAAAAAABls/-VI0L7AmMNc/s72-c/CMS.png
Website Asep Nurdin
http://www.asepnurdin.com/2014/07/pengertian-content-management-system-cms_31.html
http://www.asepnurdin.com/
http://www.asepnurdin.com/
http://www.asepnurdin.com/2014/07/pengertian-content-management-system-cms_31.html
true
15063752939711634
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Untuk membukanya silahkan Bagikan postingan ini terlebih dahulu Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy