Google Play kedatangan fitur baru yang sangat menarik kami, Aplikasi ini bisa digunakan di ponsel maupun tablet. Namanya “Remote Desktop”, yang mungkin terbaik untuk digunakan dalam kondisi darurat.

Sesuai namanya, Chrome Remote Desktop merupakan aplikasi yang berguna untuk mengakses komputer (PC, laptop) dari jarak jauh, dalam hal ini melalui perangkat Android (ponsel atau tablet).

Bisa dikatakan, dengan menggunakan Chrome Remote Desktop, Anda bisa mengakses berbagai fitur PC atau laptop (baik Windows, Linux, maupun Mac) langsung dari perangkat Android dari mana saja, kapan saja, asal keduanya (komputer dan Android) terhubung dengan jaringan 3G maupun WiFi.

Mengakses komputer (PC, laptop) dari jarak jauh? Terdengar keren kan? Mari kita mulai. Pastikan komputer dan perangkat Android Anda telah terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Berikut langkah-langkah setting cara akses komputer dari smartphone Android:

1. Download ekstensi browser Chrome Remote Desktop, Mulailah dengan menginstal ekstensi Chrome Remote Desktop pada komputer yang ingin Anda akses dari jarak jauh. Untuk mendapatkanya coba Search di Google dengan nama “Chrome Remote Desktop”.


2. Otorisasi Aplikasi untuk mengakses komputer Anda, Chrome Remote Desktop selanjutnya akan meminta izin untuk mengakses data komputer Anda. Tekan “Accept” untuk melanjutkan.

3. Langkah Selanjutnya untuk cara akses komputer dari smartphone Android, silahkan pilih “Get started” pada panel “My Computers”

4. Buat PIN, Dalam beberapa saat Anda akan diminta untuk membuat PIN. kode yang harus dimasukkan saat menghubungkan ke komputer tertentu dari jarak jauh.

5. Instal aplikasi Remote Desktop Host, Setelah Anda telah mengkonfigurasi PIN Anda, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa perangkat lunak tambahan akan segera dipasang. Biarkan instalasi berlanjut. Pada tahap ini akan menginstal aplikasi Chrome Remote Desktop Host di komputer Anda.

6. Masukkan PIN Anda Setelah aplikasi host terinstal, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN Anda yang telah Anda buat tadi. Setelah PIN dimasukkan, komputer sudah siap untuk akses jarak jauh.

7. Download Chrome Remote Desktop untuk smartphone atau tablet Android secara gratis di Google Chrome

8. Ketika aplikasi Remote Desktop Android diluncurkan, maka secara otomatis akan menampilkan komputer yang bisa Anda akses. Komputer Anda akan muncul dan klik pada nama komputer yang ingin di akses. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Perhatikan bahwa Anda dapat memilih untuk menyimpan PIN Anda sehingga Anda tidak perlu memasukkannya kembali ketika ingin mengaksesnya kembali.

9. Berhasil! Anda sekarang memiliki akses ke komputer desktop Anda. Anda dapat menggesek secara berputar dengan jari Anda untuk menavigasi pointer mouse. Untuk memperbesar atau memperkecil, gunakan gerakan mencubit dengan dua jari.

Axact

Asep Nurdin

Blog/Web Asep Nurdin yang berisi informasi seputar pendidikan, tips dan trik, tutorial blog dan wordpress. Kegiatan saat ini mengajar di salah satu MTs Swasta Cianjur dan mengelola bisnis internet. Silahkan kontak saya di halaman Hubungi Saya

Post A Comment:

2 comments: